Minggu, 24 Juni 2012

RPP Berkarakter 2013 kognitif, afektif, psikomotorik


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Satuan pembelajaran             : SD Inpres 25 Lisu
Mata Pelajaran                                  : Matematika, IPA
Kelas/Semester                                  : I/ I
Alokasi Waktu                                   : 2 x 35 menit

      I.            Standar Kompetensi
1.     Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10
2.      IPA
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya

   II.            Kompetensi Dasar
1.     Matematika
Membilang banyak benda
2.      IPA
Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya sertacara perawatannya

III.            Indikator
A.     Kognitif
1.      Produk
                                                        ·            Menuliskan bilangan angka 1-10
                                                        ·            Mengenali bagian-bagian anggota tubuh
2.      Proses
                                                        ·            Membilang atau menghitung secara berurutan
                                                        ·            Menceritakan kegunaan bagian-bagian anggota tubuh yang diamati
B.     Afektif

1.      Karakter
                                                        ·            Siswa tertib dalam pembelajaran
                                                        ·            Peduli dengan sesama teman
                                                        ·            Berperilaku santun
2.      Keterampilan social
                                                        ·            Melakukan komunikasi dan bertanya
                                                        ·            Saling membantu teman dalam mengerjakan tugas yang sulit
C.     Psikomotor
                                            ·            Murid lancar membilang atau menghitung secara berurutan
                                            ·            Murid lancar menyebutkan bagian-bagian tubuh

IV.            Tujuan Pembelajaran

A.     Kognitif
1.      produk
                                                          ·          Setelah proses pembelajaran Murid dapat menghiting bilangan angka 1-10
                                                          ·          Setelaah guru selesai menjelaskan, murid dapat menyebutkan bagian-bagian anggota tubuh
2.      proses
                                                        ·            murid dapat menghitung bilangan angka 1-10
                                                        ·            Murid mampu menyebutkan bagian-bagian tubuh

B.     Afektif
1.      Karakter
                                                        ·            Dalam Pembelajaran siswa tertib dalam belajar
                                                        ·            Murid dapat Peduli dengan sesama teman
                                                        ·            Murid dapat Berperilaku santun
2.      Keterampilan sosial
                                                        ·            Murid dapat Melakukan komunikasi dan bertanya
                                                        ·            Murid dapat saling membantu dalam mengerjakan soal yang sulit

C.     Psikomotorik
o      Setelah pembelajaran murid dapat membilang dan menghitung angka 1-10
o      Setelah pembelajaran siswa mampu menyebutkan anggota bagian tubuh

   V.            Materi Pembelajaran

·        Membilang banyak benda
·        Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaannya dan cara perawatannya

VI.            Model dan Metode Pembelajaran

                                ·            Model pembelajaran     : kooperatif tipe STAD
                                ·            Metode pembelajaran   : Ceramah, Praktek, Tanya jawab, Penugasan, dan Diskusi

VII.            Media  dan Sumber pembelajaran
1.     Media pembelajaran
                                            ·            Kartu bilangan
                                            ·            Bagian-bagian tubuh

2.      Sumber     :
o   buku Matematika kelas 1, penerbit 3 serangkai, halaman 15-17
o   buku IPA kelas 1 penerbit erlangga, halaman 4-5


VIII.            Skenario Pembelajaran

No
Kegiatan Awal
Waktu
1.
Memeriksa kesiapan siswa
5 menit
2.
Membaca doa
3.
Apersepsi
4
Menyampaikan tujuan pembelajaran
5
Menyanyikan lagu “sayang Semua”

No
Kegiatan Inti
Waktu
1
Guru menjelaskan materi pembelajaran
60 menit
2
Murid mengamati dan menghiting benda dengan jumlah yang berbeda
3
Murid menuliskan Lambang bilangan 1-10
4
Guru menjelaskan kegunaan bagian-bagian anggotya tubuh
5.
Guru dan murid menuliskan anggota tubuh yang penting
6.
Murid mencontohkan cara merawat anggota tubuh
7.
Guru memberi evaluasi atau penilaian


No
Kegiatan Akhir
Waktu
1
Guru dan murid membuat kesimpulan
5 menit
2.
Guru memberi PR
3
Menyanyi bersama
4
Guru memberi pesan-pesan moral

IX.            penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.      Matematika :
·  Meghitung banyaknya benda
·  Membilang suatu benda






2.      IPA :
·  Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
·  Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
·  Menunjukkan cara merewat tubuh.



Tes lisan Tes tertulis


pilihan ganda
isian
1.      Matematika :
Isilah titik-titik di bawah ini !
1.      2 +3 = ............
2.      4 + 5 = ...........
3.      1, ...., 3,....,.4.......,5......
4.      Jumlah kelereng pada gambar adalah........
5.      Jumlah mobil pada gambar ada....................

2.      IPA  :
Silanglah a, b atau c pada jawaban yang tepat !
1.  ini gambar ………..
a. mata
b. telinga          
c. kaki
2.  bila kita makan menggunakan  ............
a. tangan          
b. Hidung
c. mulut.
3.  membaca menggunakan ......
a. rambut         
b. mata            
c. Perut
4.  supaya bersih gigi harus .....
a. dicuci           
b. digosok       
c. dicabut




Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 2. Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3.      Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10
Makassar, 2 juni 2012
                                                      Mengetahui,

Kepala Sekolah



( H. Saleha, M.Pd )
NIP/NIK : …….......

        
Guru Tematik Kelas I



( Chaerul hatami, S.Pd)
NIP/NIK :105 400417 4 10



Pembelajaran Terpadu
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Tematik

Description: D:\IMAGES\Logo\unismuh-logo-copy.png

Chaerul Hatami
4.A
1054 004174 10
No. Urut 14

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar


Senin, 17 Oktober 2011

komodo

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.
Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.
Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.

 Sejarah

Pada tahun 1910 orang Belanda menamai pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Cerita ini berawal dari Letnan Steyn van Hens Broek yang mencoba membuktikan laporan pasukan Belanda tentang adanya hewan besar menyerupai naga di pulau tersebut. Steyn lantas membunuh seekor komodo tersebut dan membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.
Tahun 2009, Taman Nasional Komodo dinobatkan menjadi finalis "New Seven Wonders of Nature" yang baru diumumkan pada tahun 2010 melalui voting secara online di www.N7W.com
dan jangan lupa untuk mendukung Pulau Komodo Sebagai New seven Wonder

Selasa, 13 September 2011

cara mengobati gatal/ bengkak pada mata

- Saat bangun tidur mata sering
terlihat bengkak dan agak sembab.
Biasanya jika tidak ada masalah, bengkak
tersebut akan hilang dengan sendirinya
dalam waktu beberapa menit. Tetapi
seringkali bengkak mata tidak kunjung
hilang dan merusak penampilan Anda.
Hal itu bisa disebabkan karena iritasi mata
ringan. Biasanya saat kita tidur, secara tidak
sengaja tangan yang kotor menggaruk
mata karena mengantuk. Mata menjadi
terkontaminasi lalu merah dan bengkak.
Alergi pada debu atau bahan dari alat tidur,
dan kurang tidur juga memicu mata
menjadi merah dan membengkak saat
bangun keesokan harinya. Penggunaan
lensa kontak dan kacamata yang jarang
dibersihkan juga menjadi penyebab mata
bengkak.
Bengkaknya mata ada yang disertai rasa
gatal ada yang tidak. Jika Anda mengalami
rasa gatal pada mata jangan langsung
mengguruknya dengan jari, karena malah
akan memperparah keadaannya dan
membuat mata semakin bengkak.
Ada beberapa cara sederhana mengatasi
mata bengkak.
- Anda bisa menggunakan ketimun yang
sudah didiamkan dalam kulkas selama satu
jam. Iris tipis dan tempelkan pada mata
yang bengkak, kemudian diamkan selam 15
menit. Tidak hanya mengatasi mata
bengkak, ketimus juga bisa mengatasi mata
lelah.
- Minumlah banyak air putih saat mata
sedang bengkak. Saat dehidrasi tubuh akan
lebih banyak menyimpan air dan hal itu bisa
membuat mata semakin terlihat bengkak.
- Anda juga bisa mengompres mata dengan
kain bersih berbahan lembut yang sudah
dicelupi ke dalam air mawar bersuhu
dingin. Kompreslah selama 10 hingga 15
menit.
- Untuk mengatasi mata bengkak saat
bangun tidur segeralah cuci muka Anda
dengan air dingin. Anda juga bisa
menggunakn air yang telah dicampur batu
es untuk mencuci muka, lakukanlah selama
lima menit. Cara tersebut cukup efektif
mengatasi mata bengkak dan sembab.
- jika mata tetap memerah dan gatal-gatal silahkan ke dokter mata terdekat di kota anda, jangan sampai merah di matah anda adalah gejala kanker payu dara yang tumbuh di mata....hehehehe....

Jumat, 12 Agustus 2011

tips makanan dan minuman sehat untuk berbuka dan sahur


Tips makanan dan minuman sehat berbuka puasa, makanan dan minuman sehat berbuka puasa

Kebanyakan orang memiliki kecendrungan
makan berlebihan di bulan puasa, apalagi
hidangan di bulan Ramdhan biasanya
dibuat lengkap dan istimewa. Padahal,
hidangan yang nikmat saja tanpa
memenuhi gaya makan yang sehat dan
prinsip gizi seimbang bisa membuat puasa
jadi berantakan.
Selain mudah mengantuk dan badan
menjadi lemas, menu berbuka dan sahur
yang kurang sehat juga bisa membuat
kadar kolesterol melonjak. Untuk menjaga
agar tubuh tetap fit dan berstamina selama
menjalani puasa, simak tip menu berbuka
dan sahur dari dr.Phaidon L.Toruan, sport
nutritionist berikut ini:
Saat sahur:
- Utamakan air, vitamin, dan elektrolit.
Artinya, minum air putih dan buah-buahan,
atau jus buah tanpa gula. Air kelapa juga
boleh. Caranya minum air kelapa dulu, dan
karena sifat elektrolit di air kelapa , maka
kita akan masih merasa haus baru
dilanjutkan dengan minum air putih. Ketika
tidur tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg,
dan itu adalah air. Jadi memulai puasa
dengan restorasi cairan adalah langkah
yang baik.
- Pilih menu utama yang terdiri dari
karbohidrat kompleks seperti nasi merah,
ubi, spageti, atau bubur kacang hijau
dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini
lebih "tahan lama" dalam membuat gula
darah stabil, sehingga mood menjadi relatif
lebih baik.
- Jangan lupakan serat, baik dari sayur atau
buah. Selain membersihkan usus, serat
adalah "sapu alami" yang membantu
membersihkan sisa daging di sela- usus.
- Pilih lemak sehat atau minyak yang tidak
digoreng, seperti zaitun, minyak kelapa
atau flaxseed oil. Misalnya dalam bentuk
sambal. Lemak membuat pergerakan
makanan di perut menjadi lambat,
sehingga lebih tahan lapar. Akan tetapi
kalau diasup minyak gorengan, baik dari
makanan siap saji yang dibeli semalam
sebelumnya, atau menggoreng langsung,
maka kita memasukkan radikal bebas ke
dalam tubuh kita. Akibatnya manfaat puasa
secara fisiologis berkurang.
Saat Berbuka - Minum yang manis alami
tanpa gula. Air kelapa, jus buah melon atau
semangka dan buah lainnya. Hindari gula
pasir karena akan menyebabkan efek yoyo
pada timbangan nantinya di hari Raya, dan
memberi dampak kesehatan yang kurang
baik
- Karbohidrat kompleks akan lebih baik
plus makanan yang tidak digoreng. Nasi
putih, dan makanan gorengan akan
membuat ngantuk saat tarawih. Gorengan
mengikat oksigen darah sampai 20%
- Pasca buka puasa, konsumsi lagi air putih.
Usahakan mulai buka puasa sampai tidur
minimal masuk air 1 liter.
Contoh menu sahur sehat - Masi merah
dengan soto ayam, sambal minyak zaitun
dan buah pisang.
- Bubur kacang hijau dengan gula aren dan
telur setengah matang dengan 3 putih
telur dan 1 kuning telur. Buah jeruk
- Bubur oatmeal dengan telur rebus dan
irisan tomat buah.
- Sandwich, roti gandum dengan butter
atau selai kacang. Telur setengah matang 3
putih dan 1 kuning. Buah pepaya.
Contuh menu berbuka puasa
- Nasi merah dengan sate ayam, buah
pisang
- Nasi merah dengan soto ayam, buah jeruk
- Spaghetti dengan saus tuna dan salad
buah. Menu makanan sehat buka
puasa, menu sehat buka puasa, makanan
sehat untuk orang berpuasa ramadhan,
minuman sehat buka puasa, hidangan
makanan dan minuman