Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Satuan
pembelajaran : SDI
25 Lisu
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/ I
Alokasi
Waktu : 4 x 45 menit (2
X Pertemuan)
I.
Standar
Kompetensi
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan
fungsinya
II.
Kompetensi
Dasar
Menjelaskan hubungan antara struktur akar, batang, daun,
bunga pada tumbuhan dengan fungsinya
III.
Indikator
A. Kognitif
1. Produk
·
Menjelaskan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Menyebutkan bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Menjelaskan
fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
2. Proses
·
Mendeskripsikan
pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Mengidentifikasi
bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Menyebutkan
fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
B. Afektif
1. Karakter
·
Bekerja sama dengan teman kelompok
·
Peduli dengan sesama teman
·
Mendengarkan
pendapat teman
·
Bertanggung
jawab
2. Keterampilan
social
·
Melakukan komunikasi dan bertanya
·
Menyampaikan
pendapat
·
Menghargai
pendapat orang lain
C. Psikomotor
Terampil
menunjukkan bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya
IV.
Tujuan
Pembelajaran
A. Kognitif
1. Produk
·
Setelah
mendengar penjelasan singkat dari guru, siswa mampu menjelaskan
pengertian akar, batang, daun
dan bunga pada tumbuhan
·
Siswa
dapat menyebutkan
bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Siswa
mampu menjelaskan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
2. Proses
·
Siswa
dapat mendeskripsikan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Siswa
dapat mengidentifikasi bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Siswa
dapat menyebutkan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
B. Afektif
1. Karakter
·
Murid
dapat Bekerja
sama dengan teman kelompok
·
Murid
dapat Peduli
dengan sesama teman
·
Murid
dapat bertanggung jawab
2. Keterampilan sosial
·
Murid
dapat Melakukan komunikasi dan bertanya
·
Murid
dapat Menyampaikan pendapat
·
Murid
dapat Menghargai pendapat orang lain
C.
Psikomotorik
Murid dapat
terampil menunjukkan bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya
V.
Materi
Pembelajaran
Struktur
dan Fungsi Bagian Tunbuhan
·
Bagian-bagian penting tumbuhan, antara
lain, akar, batang, daun, dan bunga.
·
Akar dibedakan menjadi dua, yaitu akar tunggang
dan akar serabut.
·
Akar berfungsi menyerap air dan mineral
dari dalam tanah.
·
Jenis batang bermacam-macam, antara
lain, batang berkayu, batang basah,
dan batang rumput.
·
Fungsi utama batang adalah untuk
menopang tegaknya tumbuhan, pengangkut, penyimpan makanan cadangan, dan alat perkembangbiakan
·
Bentuk tulang daun tumbuhan
bermacam-macam, antara lain, menyirip,
melengkung, menjari,
menjarum, dan sejajar.
·
Fungsi daun adalah untuk tempat proses
pembuatan makanan, penguapan,
dan pernapasan.
·
Bunga sempurna memiliki tangkai bunga,
kelopak, benang sari, putik, dan
mahkota.
·
Fungsi utama bunga adalah sebagai
perhiasan dan alat perkembangbiakan
tumbuhan.
·
Kegunaan tumbuhan bagi manusia, antara
lain, sebagai bahan makanan,
bahan peralatan rumah tangga, dan bahan obat-obatan.
VI.
Model
dan Metode Pembelajaran
·
Model
pembelajaran : Jigsaw
·
Metode
pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, Penugasan, dan Diskusi
VII.
Skenario
Pembelajaran
Pertemuan 1
|
||
No
|
Kegiatan Awal
|
Waktu
|
1.
|
Memeriksa kesiapan siswa
|
5 menit
|
2.
|
Membaca doa
|
|
3.
|
Apersepsi
|
|
4
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
No
|
Kegiatan Inti
|
Waktu
|
1
|
Guru menjelaskan materi pembelajaran
|
50 menit
|
2
|
Guru membagikan materi yang berbeda kepada tiap siswa
|
|
3
|
Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tim
|
|
4
|
Murid berdiskusi dengan teman sekelompoknya
|
|
5.
|
Guru mengarahkan siswa dalam berdiskusi
|
|
No
|
Kegiatan Akhir
|
Waktu
|
1.
|
Guru dan murid membuat kesimpulan
|
5 menit
|
2.
|
Guru memberi PR
|
|
3.
|
Guru memberi pesan-pesan moral
|
Pertemuan 2
|
||
No.
|
Kegiatan Awal
|
Waktu
|
1.
|
Guru memeriksa kesiapan murid
|
5 menit
|
2.
|
Apersepsi
|
|
3.
|
Menagih tugas/ pekerjaan
rumah
|
|
No.
|
Kegiatan Inti
|
Waktu
|
1.
|
guru membentuk kelompok yang
terdiri dari anggota tim yang telah membaca materi yang sama dalam kelompok
baru (kelompok ahli)
|
50 menit
|
2.
|
Tiap anggota tim
mendiskusikan materi yang ditugaskan
|
|
3.
|
Murid kembali ke kelompok
awal untuk menjelaskan materi kepada anggota tim secara bergantian
|
|
4.
|
Setiap perwakilan kelompok
maju ke depan membacakan kesimpulan
|
|
5.
|
Guru memberi evaluasi
|
|
No.
|
Kegiatan Akhir
|
Waktu
|
1.
|
Guru bersama murid
menyimpulkan pembelajaran
|
5 menit
|
2.
|
Guru memberikan PR
|
|
3.
|
Guru menyampaikan pesan-pesan
moral
|
VIII.
Media dan Sumber
·
Media : gambar struktur tumbuhan
·
Sumber : buku SAINS SD Relevan kelsa IV penerbit PT.
METRO POS
IX.
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Tes lisan Tes
tertulis
|
pilihan ganda
isian
|
1.
Matematika :
Isilah titik-titik di bawah ini !
1.
2 +3 = ............
2.
4 + 5 = ...........
3.
1, ...., 3,....,.4.......,5......
4.
Jumlah kelereng pada gambar adalah........
5.
Jumlah mobil pada gambar ada....................
2.
IPA :
Silanglah a, b atau c pada jawaban
yang tepat !
1. ini gambar ………..
a. mata
b. telinga
c. kaki
2. bila kita makan menggunakan ............
a. tangan
b. Hidung
c. mulut.
3. membaca menggunakan ......
a. rambut
b. mata
c. Perut
4. supaya bersih
gigi harus .....
a. dicuci
b. digosok
c. dicabut
|
Kriteria Penilaian
1. Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar
Penilaian
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10
Makassar, 2 juni 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( H. Saleha, M.Pd )
NIP/NIK : …….......
|
Guru Tematik
Kelas I
( Chaerul hatami, S.Pd)
NIP/NIK :105 400417 4 10
|
Materi
dan Pembelajaran IPA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar