Karakteristik PKR, karakteristik guru, kelas, pelajaran dalam PKR
Karakteristik
Pembelajaran Kelas Ragkap
1.
Karakteristik Guru dalam PKR (One
Teacher school)
Guru
menghadapi dua kelas atau lebih pada waktu yang bersamaan
Guru
mengajar dengan memperhatikan berbagai aspek, seperti perbedaan tingkat kelas,
umur, dan kemampuan kecerdasan masing-masing peserta didik.
2.
Karakteristik Siswa dalam PKR (Multi
Grade)
Murid-murid
dengan perbedaan tingkatan kelas, umur, dan tingkatan kecerdasan berbeda
belajar dalam waktu dan ruangan yang sama.
Siswa
belajar bersama, dan saling membantu
3.
Karakteristik Pelajaran (multi level
teaching)
Mata
pelajaran setiap kelas digabung dengan membentuk model pembelajaran tematik
yang memperhatikan aspek-aspek penting lainnya.
4.
Karakteristik Interaksi edukatif belajar
5.
Karakteristik lingkungan belajar
Salah
satu prinsip PKR adalah memanfaatkan sumber belajar secara optimal. Oleh karena sumber belajar sangat terbatas
maka kita sebagai guru dituntut untuk selalu kreatif menciptakan berbagai
sumber sehingga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran.
Karakteristik
Lingkungan belajar dalam PKR yaitu, sekolah dan lingkungan sekolah itu sendiri
sebagai sumber belajar, termasuk guru.
Lingkungan
sekolah, seperti perpustakaan, kebun sekolah dapat dijadikan sebagai sumber
belajar.
A. Karakteristik
Pembelajaran PKR
1.
Karakteristik
Guru dalam PKR (One Teacher school)
Guru
menghadapi dua kelas atau lebih pada waktu yang bersamaan
Guru
mengajar dengan memperhatikan berbagai aspek, seperti perbedaan tingkat kelas,
umur, dan kemampuan kecerdasan masing-masing peserta didik.
2.
Karakteristik
Siswa dalam PKR (Multi Grade)
Murid-murid
dengan perbedaan tingkatan kelas, umur, dan tingkatan kecerdasan berbeda
belajar dalam waktu dan ruangan yang sama. Siswa belajar bersama, dan saling
membantu.
3.
Karakteristik
Pelajaran (multi level teaching)
Mata
pelajaran setiap kelas digabung dengan membentuk model pembelajaran tematik
yang memperhatikan aspek-aspek penting lainnya.
4.
Karakteristik
Interaksi edukatif belajar
Guru
mengajar dengan kreatifitas yang tinggi, yang menciptakan suasana kelas yang
kondusif dan nyaman. Guru mengelolah kelas dengan pengaturan tempat duduk yang
berbeda.
5.
Karakteristik
lingkungan belajar
Salah
satu prinsip PKR adalah memanfaatkan sumber belajar secara optimal. Oleh karena sumber belajar sangat terbatas
maka kita sebagai guru dituntut untuk selalu kreatif menciptakan berbagai
sumber sehingga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran.
Karakteristik
Lingkungan belajar dalam PKR yaitu, sekolah dan lingkungan sekolah itu sendiri
sebagai sumber belajar, termasuk guru. Lingkungan sekolah, seperti
perpustakaan, kebun sekolah dapat dijadikan sebagai sumber belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar