contoh lembar observasi anak berkebutuhan khusus, Contoh lembar observasi ABK
Observasi Anak Berkebutuhan Khusus
Nama
Mahasiswa : Chaerul Hatami
Kelas/no.Urut
Absen : 5.A PGSD S.1/14
NIM : 1054
00417410
1.
Identitas kasus
a. Nama : Ardiansyah
b. Tempat/Tgl
Lahir : Lisu, 4
juli 2006
a. Alamat : Lisu, desa lompo tengah, Kec.
Tanete
Riaja Kab.
Barru
c. Nama
Ayah :
Hamzah
d. Nama
Ibu : Hj.Nadirah
e. Umur
Ayah sekarang : 39 tahun
f. Umur
ibu sekarang : 35 tahun
g. Umur
Ayah ketika ABK lahir : 33 tahun
h. Umur
Ibu ketika ABK lahir : 29 tahun
i. Anak
ke 3 dari 3 bersaudara
kandung
j. Lainnya…………………………….(yang
dipandang perlu)
·
Ikut bersekolah di taman kanak-kanak seperti
anak normal
·
Perekonomian orang tua tergolong mapan (di
atas rata-rata)
·
Jenis kelamin laki-laki
·
Mempunyai sepupu dari ayah yang juga autis
2.
Ciri-ciri penampilan ABK
a. Keadaan
fisik pada umumnya
Jasmani Sehat, tumbuh seperti anak normal
lainnya
b. Keadan
indera
Keadaan indera normal, memiliki respon yang
tinggi terhadap sentuhan, hanya saja sulit mengeluarkan kata-kata yang ingin di ucapkan (hanya tahu
kata mama, bapak dan huruf vocal untuk mengungkapkan keinginannya). Hanya
meniru apa yang di ucapkan seseorang.
c. Keadaan
mental/kecakapan dibandingkan anak normal seumurnya
Keadaan mental dibawah anak normal, dimana
dia gampang menangis, tidak dapat memperhatikan orang yang mengajaknya bicara,
hanya dekat/bersanding dengan orang yang sudah dikenalnya saja.
d. Keadaan
perilaku/kebiasaan sehari-hari
Sulit mengontrol dirinya
seperti bertindak sesuka hati, berlari kesana kesini tanpa tujuan, sibuk dengan
dunianya sendiri, sering terbangun di tengah malam dan bermain sendiri, serta
sulit mengurus dirinya sendiri seperti mengancing baju sendiri, atau mengikat
tali sepatu. Sulit bersosilalisasi dengan orang lain
3.
Klasifikasi/kategori ABK
Autis
4.
Analisis saya sebagai guru SD seandainya ABK
tersebut sebagai murid di sekolah saya
a. Dugaan
penyebab kelainan (utama)
genetika
b. Dugaan
penyebap kelainan (tambahan)
Gangguan perkembangan otak
c. Pendekatan
pelayanan yang saya lakukan
Pendekatan yang akan saya
lakukan adalah pendekatan integrative (terpadu). Dimana anak-anak normal dan
anak ABK dapat bersekolah bersama-sama dalam satu sekolah bersama teman-teman
seusianya tetapi di pisahkan oleh kelas yang berbeda karena mereka membutuhkan
perlakuan yang khusus, mereka dapat disatukan dengan sesama ABK dalam suatu
kelas agar dapat berjalan efektif dan tidak saling mengganggu.
d. Kemungkinan
hambatan-hambatan dalam pelayanan pendidikan di sekolah
·
Hambatan di sekolah dengan system segregatif
(segregasi)
Aspek perkembangan emosi dan
sosialanak kurang luas karena lingkunganpergaulan terbatas, penyelenggaraan
pendidikan yang relative mahal, egoistic, menumbuhkan kesenjangan kualitas
pendidikan.
·
Hambatan di sekolah dengan system pendidikan
integrative
Fasilitas sarana dan
prasarana yang terbatas, tenaga pendidik untuk disability kurang, dan
kemungkinan siswa disability dijauhi oleh teman-temannya yang normal.
·
Hambatan di sekolah dengan system pendidikan
inklusif
Minimnya sarana penunjang
system pendidikan inklusi, terbatasnya pengetahuan dan keterampilan yang
dimiliki oleh para guru sekolah inklusi, kurikulum yang ada di sekolah inklusi
belum terencana dengan baik.
e. Nasehat
saya kepada anak normal disekolah tersebut. Agar mau menerima ABK
·
Anak-anakku kalian semua bersaudara, jadi
kalian harung saling menghargai antar sesama, tidak boleh saling
membeda-bedakan dengan yang lain, harus saling tolong menolong dan saling menghargai antar sesama, jadi
kalian sebagai saudara harus saling menerima apa adanya.
·
Anak-anakku sekalian kita semua adalah
ciptaan tuhan. Makhluk yang paling sempurna yang diciptakan oleh Allah Swt.
Jadi kita semua sama, walaupun kita mempunyai kekurangan justru Allah masih
menyayangi kita. Kita semua sama hanya hati yang membedakan seseorang dengan
orang lain.
f. Saran/usul
saya kepada orang tua ABK
·
Bapak dan ibu harus memberikan pendidikan
seutuhnya kepada anak anda, agar dapat hidup lebih mandiri, tidak bergantung
pada orang tua, dan bahkan dapat meraih cita-cita yang dia inginkan.
·
Bapak dan ibu pemerintah sekarang telah
menyediakan sekolah khusus untuk anak yang berkebutuhan khusus, dimana anak
bapak akan diajarkan menjadi anak yang mandirivlayaknya anak normal laiinya.
Jadi, anak bapak dan ibu dapat memperoleh pendidikan yang layak sehingga
nantinya anak bapak dan ibu dapat
berguna bagi nusa dan bangsa.
g. Saran/usul
saya kepada Kepala Sekolah dan pemerintah
·
Kepada bapak agar lebih memperhatikan anak
yang berkebutuhan khusus di sekoalh kita dengan menyediakan berbagai fasilitas
sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh mereka yang berkebutuhan khusus agar dapat
belajar dengan nyaman.
·
Bapak harus menerima murid yang berkebutuhan
khusus di sekolah ini, karena setiap warga Negara berhak memperoleh pendidikan,
sama halnya dengan mereka yang berkebutuhan khusus harus diberikan pendidikan
agar mampu hidup mandiri dan berguna bagi masyarakat dan bangsa
h. Saran/usul
saya kepada masyarakat
·
Kepada bapak dan ibu sekalian, kita harus
menerima anak yang berkebutuhan khusus
yang ada di lingkungan kita, karena mereka juga merupakan bagian dari
anggota masyarakat, kita tidak boleh mengucilkannya atau bahkan menjauhinya.
Justru kita harus mendidik dan membimbing anak tersebut agar berguna bagi
masyarakat nusa dan bangsa.
·
Bapak dan ibu mereka bukanlah beban bagi
kita, tapi merek adalah anugrah bagi kita, kita wajib melindunginya
membingmbingnya menjadi manusia yang seutuhnya, karena di lingkunganlah inilah
dia bisa menjadi manusia yang seutuhnya,
manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa
i. ……………………………………………..(
tambahan hal-hal yang anda anggap perlu)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar