model interaksi pembelajaran kelas rangkap, model interaksi PKR, aneka model interaksi dalam kelas
Aneka
Model Interaksi Kelas Rangkap dalam PKR.
Format atau model pembelajaran tersebut, antara lain
sebagai berikut :
1) Proses
Belajar Arahan Sendiri (PBAS)
Model ini digunakan
sebagai model belajar mandiri, yang bisaa dilakukan secara perseorangan maupun
kelompok. Inti dari pembelajaran ini
yaitu mencari dan mengolah informasi kelompok atas dasar dorongan belajar dari
dalam diri. Artinya, tanpa menunggu datangnya tugas atau perintah dari orang
lain. Walaupun demikian, model ini akan diterapkan di sd, arahan dari guru
masih tetap diperlukan dalam kadar yang tidak terlalu besar.
2) Proses
Belajar Melalui Keria Sama (PBMKS) yang meliputi :
a. Olah
Pikir Sejoli (OPS)
tahap 1: siswa menyimak pertanyaan guru
tahap 2; siswa diberikan kesempatan untuk berpikir
tahap 3: guru memberikan isyarat agar siswa secara berpasangan
mendiskusikan jawaban yang telah dipikirkan sendiri
tahap 3: masing masing pasangan meyampaikan pendapatnya dalam
diskusi kelas dengan bimbingan guru
b. Olah
Pikir Berebut (OPB)
tahap 1; guru mengjukan pertanyaan yang meminta banyak jawaban
tahap 2 ;siswa berpikir dan memberikan jawaban secara lisan
c. Konsultasi
Intra Kelompok (KIK)
d. Tutorial
Teman Sebaya (TTS)
tahap 1; memilih siswa yang mempunyai kemampuan di atas
rata-rata
tahap 2; memberikan tugas khusus
untuk membantu temannya dalam bidang tertentu
tahap 3; guru memantau diskusi
tahap 4: berikan penguatan kepada kedua belah pihak agar baik
anakyang membantu maupun yang dibantu merasa senang
e. Tutorial
Lintas Kelas (TLK)
tahap 1: pilih siswa yn memiliki kemampuan di atas rata-rata di kelas di atasnya
tahap 2; berikan tugas untuk membantu siswa dik kelasnya
tahap 3; guru memantau proses saling membantu
tahap 4; berikan penguatan kepada siswa yngmembantu dan yang
dibantu agar meraa senang
f. Diskusi
Meja Bundar (DMB)
g. Tugas
Diskusi dan Resitasi (TDR)
tahap 1: pemberian tugas dari guru
tahap 2; pelaksanaan diskusi kelompok siswa
tahap 3; pelaporan hasil diskusi
h. Aktivitas
Tugas Tertutup (ATTu)
model pemberian tugas yang meminta hanya satu saja jawaban yang
benar, sedangkan
i. Aktivitas
Tugas Terbuka (ATTa)
model pemberian tugas
yang meminta banyak jawaban/beraneka ragam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar