Selasa, 16 April 2013

RPP Berkarakter 2013 kognitif, afektif, Psikomotorik


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan pembelajaran : SDI 25 Lisu
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                      : IV/ I
Alokasi Waktu                       : 4 x 45 menit (2 X Pertemuan)

       I.            Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

    II.            Kompetensi Dasar
Menjelaskan hubungan antara struktur akar, batang, daun, bunga pada tumbuhan dengan fungsinya
 III.            Indikator
A.     Kognitif
1.      Produk
                                                        ·            Menjelaskan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                        ·            Menyebutkan bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                        ·            Menjelaskan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
2.      Proses
                                                        ·            Mendeskripsikan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                        ·            Mengidentifikasi bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                        ·            Menyebutkan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan

B.     Afektif
1.      Karakter
                                                        ·            Bekerja sama dengan teman kelompok
                                                        ·            Peduli dengan sesama teman
                                                        ·            Mendengarkan pendapat teman
                                                        ·            Bertanggung jawab

2.      Keterampilan social
                                                        ·            Melakukan komunikasi dan bertanya
                                                        ·            Menyampaikan pendapat
                                                        ·            Menghargai pendapat orang lain

C.     Psikomotor
Terampil menunjukkan bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya

  IV.            Tujuan Pembelajaran
A.     Kognitif
1.      Produk
                                                        ·            Setelah mendengar penjelasan singkat dari guru, siswa mampu menjelaskan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                        ·            Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                        ·            Siswa mampu menjelaskan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
2.      Proses
                                                        ·            Siswa dapat mendeskripsikan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                        ·            Siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                        ·            Siswa dapat menyebutkan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan


B.     Afektif
1.      Karakter
                                                        ·            Murid dapat Bekerja sama dengan teman kelompok
                                                        ·            Murid dapat Peduli dengan sesama teman
                                                        ·            Murid dapat bertanggung jawab
2.      Keterampilan sosial
                                                        ·            Murid dapat Melakukan komunikasi dan bertanya
                                                        ·            Murid dapat Menyampaikan pendapat
                                                        ·            Murid dapat Menghargai pendapat orang lain

C.     Psikomotorik
Murid dapat terampil menunjukkan bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya


     V.            Materi Pembelajaran

Struktur dan Fungsi Bagian Tunbuhan

·        Bagian-bagian penting tumbuhan, antara lain, akar, batang, daun, dan bunga.
·        Akar dibedakan menjadi dua, yaitu akar tunggang dan akar serabut.
·        Akar berfungsi menyerap air dan mineral dari dalam tanah.
·        Jenis batang bermacam-macam, antara lain, batang berkayu, batang basah, dan batang     rumput.
·        Fungsi utama batang adalah untuk menopang tegaknya tumbuhan, pengangkut, penyimpan makanan cadangan, dan alat perkembangbiakan
·        Bentuk tulang daun tumbuhan bermacam-macam, antara lain, menyirip, melengkung, menjari, menjarum, dan sejajar.
·        Fungsi daun adalah untuk tempat proses pembuatan makanan, penguapan, dan pernapasan.
·        Bunga sempurna memiliki tangkai bunga, kelopak, benang sari, putik, dan mahkota.
·        Fungsi utama bunga adalah sebagai perhiasan dan alat perkembangbiakan tumbuhan.
·        Kegunaan tumbuhan bagi manusia, antara lain, sebagai bahan makanan, bahan peralatan rumah tangga, dan bahan obat-obatan.

  VI.            Model dan Metode Pembelajaran

                                ·            Model pembelajaran                 : Jigsaw
                                ·            Metode pembelajaran               : Ceramah, Tanya jawab, Penugasan, dan Diskusi

VII.            Skenario Pembelajaran

Pertemuan 1
No
Kegiatan Awal
Waktu
1.
Memeriksa kesiapan siswa
5 menit
2.
Membaca doa
3.
Apersepsi
4
Menyampaikan tujuan pembelajaran




No
Kegiatan Inti
Waktu
1
Guru menjelaskan materi pembelajaran
50 menit
2
Guru membagikan materi yang berbeda kepada tiap siswa
3
Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tim
4
Murid berdiskusi dengan teman sekelompoknya
5.
Guru mengarahkan siswa dalam berdiskusi
No
Kegiatan Akhir
Waktu
1.
Guru dan murid membuat kesimpulan
5 menit
2.
Guru memberi PR
3.
Guru memberi pesan-pesan moral

Pertemuan 2
No.
Kegiatan Awal
Waktu
1.
Guru memeriksa kesiapan murid
5 menit
2.
Apersepsi
3.
Menagih tugas/ pekerjaan rumah
No.
Kegiatan Inti
Waktu
1.
guru membentuk kelompok yang terdiri dari anggota tim yang telah membaca materi yang sama dalam kelompok baru (kelompok ahli)
50 menit
2.
Tiap anggota tim mendiskusikan materi yang ditugaskan
3.
Murid kembali ke kelompok awal untuk menjelaskan materi kepada anggota tim secara bergantian
4.
Setiap perwakilan kelompok maju ke depan membacakan kesimpulan
5.
Guru memberi evaluasi
No.
Kegiatan  Akhir
Waktu
1.
Guru bersama murid menyimpulkan pembelajaran
5 menit
2.
Guru memberikan PR
3.
Guru menyampaikan pesan-pesan moral


VIII.            Media  dan Sumber

                                ·            Media               : gambar struktur tumbuhan      
                                ·            Sumber : buku SAINS SD Relevan kelsa IV penerbit PT. METRO POS

  IX.            Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen


Tes lisan Tes tertulis


pilihan ganda
isian
1.      Matematika :
Isilah titik-titik di bawah ini !
1.      2 +3 = ............
2.      4 + 5 = ...........
3.      1, ...., 3,....,.4.......,5......
4.      Jumlah kelereng pada gambar adalah........
5.      Jumlah mobil pada gambar ada....................

2.      IPA  :
Silanglah a, b atau c pada jawaban yang tepat !
1.  ini gambar ………..
a. mata
b. telinga          
c. kaki
2.  bila kita makan menggunakan  ............
a. tangan          
b. Hidung
c. mulut.
3.  membaca menggunakan ......
a. rambut         
b. mata            
c. Perut
4.  supaya bersih gigi harus .....
a. dicuci           
b. digosok       
c. dicabut




Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 2. Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3.      Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10
Makassar, 2 juni 2012
                                                      Mengetahui,

Kepala Sekolah



( H. Saleha, M.Pd )
NIP/NIK : …….......

        
Guru Tematik Kelas I



( Chaerul hatami, S.Pd)
NIP/NIK :105 400417 4 10



Materi dan Pembelajaran IPA