Kamis, 25 April 2013

Karakteristik Pembelajaran Kelas Rangkap


 Karakteristik PKR, karakteristik guru, kelas, pelajaran dalam PKR

Karakteristik Pembelajaran Kelas Ragkap

1.      Karakteristik Guru dalam PKR (One Teacher school)
Guru menghadapi dua kelas atau lebih pada waktu yang bersamaan
Guru mengajar dengan memperhatikan berbagai aspek, seperti perbedaan tingkat kelas, umur, dan kemampuan kecerdasan masing-masing peserta didik.
2.      Karakteristik Siswa dalam PKR (Multi Grade)
Murid-murid dengan perbedaan tingkatan kelas, umur, dan tingkatan kecerdasan berbeda belajar dalam waktu dan ruangan yang sama.
Siswa belajar bersama, dan saling membantu
3.      Karakteristik Pelajaran (multi level teaching)
Mata pelajaran setiap kelas digabung dengan membentuk model pembelajaran tematik yang memperhatikan aspek-aspek penting lainnya.
4.      Karakteristik Interaksi edukatif belajar
5.      Karakteristik lingkungan belajar
Salah satu prinsip PKR adalah memanfaatkan sumber belajar secara optimal.  Oleh karena sumber belajar sangat terbatas maka kita sebagai guru dituntut untuk selalu kreatif menciptakan berbagai sumber sehingga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran.
Karakteristik Lingkungan belajar dalam PKR yaitu, sekolah dan lingkungan sekolah itu sendiri sebagai sumber belajar, termasuk guru.
Lingkungan sekolah, seperti perpustakaan, kebun sekolah dapat dijadikan sebagai sumber belajar.


A.    Karakteristik Pembelajaran PKR
1.      Karakteristik Guru dalam PKR (One Teacher school)
Guru menghadapi dua kelas atau lebih pada waktu yang bersamaan
Guru mengajar dengan memperhatikan berbagai aspek, seperti perbedaan tingkat kelas, umur, dan kemampuan kecerdasan masing-masing peserta didik.
2.      Karakteristik Siswa dalam PKR (Multi Grade)
Murid-murid dengan perbedaan tingkatan kelas, umur, dan tingkatan kecerdasan berbeda belajar dalam waktu dan ruangan yang sama. Siswa belajar bersama, dan saling membantu.
3.      Karakteristik Pelajaran (multi level teaching)
Mata pelajaran setiap kelas digabung dengan membentuk model pembelajaran tematik yang memperhatikan aspek-aspek penting lainnya.
4.      Karakteristik Interaksi edukatif belajar
Guru mengajar dengan kreatifitas yang tinggi, yang menciptakan suasana kelas yang kondusif dan nyaman. Guru mengelolah kelas dengan pengaturan tempat duduk yang berbeda.
5.      Karakteristik lingkungan belajar
Salah satu prinsip PKR adalah memanfaatkan sumber belajar secara optimal.  Oleh karena sumber belajar sangat terbatas maka kita sebagai guru dituntut untuk selalu kreatif menciptakan berbagai sumber sehingga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran.
Karakteristik Lingkungan belajar dalam PKR yaitu, sekolah dan lingkungan sekolah itu sendiri sebagai sumber belajar, termasuk guru. Lingkungan sekolah, seperti perpustakaan, kebun sekolah dapat dijadikan sebagai sumber belajar.