Selasa, 09 April 2013

semua tentang Lisu, desa Lompo Tengah kec. tanete Riaja Barru

Kampung Lisu Desa Lompo Tengah Kec. Tanete Riaja Kab. Barru

Dusun yang terletak di jalan poros pekkae soppeng ini, merupakan dusun yang sangat strategis baik dilihat dari letak geografisnya maupun dari segi perekonomiaannya.

dengan di pimpin oleh Pak Jamaluddin SE, menjadikan dusun lisu semakin berkembang.

ini adalah gambar-gambar yang dapat mendiskripsikan Kampung Lisu secara kesuluruhan, gambar ini saya ambil langsung dari Grup Facebook Anak-anak Lisu Tanete riaja Kab Barru.



gambar diatas adalah mesjid Tua Lisu, sudah ada sebelum saya lahir, satu yang saya sukai dari meskid ini, jika bulan puasa shalat Tarawihnya cepat selesai.


gambar ini memperlihatkan suasana di dalam mesjid syuhada 45, tampak ketiga tetua adat (sebelah kanan, Alm Pabi Seang, tengah; Petta Kalebbu, sebelah kiri; Pak Ismail (KUA)

Gambar diatas Adalah sekolah tercinta kita, apalagi kalau bukan SD INPRES 25 LISU, dan mungkin menyimpan banyak kenangan bagi warga Lisu sendiri.


Yuppzzz, Waenungnge Adalah salah satu sumber mata air yang ada di Lisu, dan Sekarang telah dikelolah oleh PDAM, meski saat ini sangat disayangkan karena sekarang tidak terawat.

 Sekolah Islam Tinggi Selanjutnya, Attaufiq Lisu, melahirkan kader-kader  Islami, dan salah satu Sekolah Madrasah terkemuka di Tanete Riaja.
Salah satu mata pencaharian warga Lisu, Yakni tambang Pasir, yang mampu memberikan kontribusi dalam meningkatkan perekonomian warga Lisu,


Sungai Lisu, Sungai yang jernih, tenang dan menyimpan sejuta teka teki tentang Penunggu sungai (pakkonroang salo) dan telah memakan korban yang tidak sedikit. Dan yang paling mengkhawatirkan pada saat musim hujan, karena Lisu adalah langganan banjir.

Jembatan Lisu (Jodoh), yang terletak di jalan poros pekkae-soppeng

Perempuan-perempuan Lisu lintas Zaman (sebelah kanan; mama sinta, Hj. Kartini, Hj Hapzah, ma tettt)

Musim Panen di Lisu, banyak yang bisa dilakukan, massangkie, ma lammpa ciwa, mangesso gaba, etc.
Masjid syuhada 45 lisu, mesjid ini merupakan mesjid termegah yang ada di Lisu (Lebayy)

CCT, Tanete Creative Community, adalah Persatuan tai Kambing di Lisu (kidding)

1 komentar: